Batik Bondowoso


Bondowoso termasuk wilayah Propinsi Jawa Timur, banyak yang belum mengetahui jika daerah ini memiliki kain batik yang tidak kalah uniknya dengan batik yang ada di daerah lain. Meski memiliki sejarah membatik, namun hampir tak ada catatan terkait pola desain dan motif dari batik asli Bondowoso. Apalagi pada masa lalu, aktivitas membatik di Bondowoso hanya dilakukan oleh perorangan. Belum dalam bentuk industri seperti saat ini. Hal itulah yang membuat catatan akan batik di Bondowoso hampir tak ada. Batik Bondowoso memiliki motif batik yang khas dengan corak atau motif yang berbeda dengan batik yang ada di pasaran. Batik Bondowoso banyak terinspirasi dari bentuk tanaman daun singkong dan daun tembakau yang membuat batik ini terlihat sangat unik.

Batik Bondowoso

Sumber: https://www.smpn2tenggarang.sch.id

Motif batik daun singkong dan daun tembakau tersebut merupakan motif batik yang cukup populer dari Batik Bondowoso, sehingga banyak masyarakat yang menyebut batik ini dengan nama Batik Singkong Maesan atau Batik Sumbersari. Untuk motif tembakau dan daun singkong ini kami ambil dari filosofi mata pencaharian orang Bondowoso yang banyak bertani tembakau dan penghasil tape yang bahan dasarnya singkong. Kedua motif batik itu sama-sama memiliki keindahan dan kekuatan masing-masing. Untuk itulah, harus ada yang terus memperkenalkan kedua motif yang telah menjadi ikon itu hingga kian dikenal di tingkat nasional.

Batik Bondowoso

Sumber: https://produsenbatik.com

Batik Bondowoso

Sumber: https://www.batikbondowoso.com

Maesan adalah nama sebuah kecamatan di Bondowoso dan Sumbersari merupakan nama sebuah desa di kecamatan Maesan sedangkan nama singkong adalah nama dari motif Batik Bondowoso yang banyak digemari. Masyarakat di Sumbersari, Bondowoso, ini kan tidak memiliki sejarah panjang dalam budaya batik. Tahun 1985 batik ini ada, betul-betul baru. Makanya tidak mudah mengajari orang. Batik Sumbersari, Kabupaten Bondowoso, juga berupaya memperkenalkan batik ke masyarakat internasional dengan memproduksi motif-motif tokoh "super hero", seperti batman, spiderman, superman dan membuat tokoh-tokoh hero dari Jepang. Ia mengakui bahwa meskipun belum rutin, produksi batik buatannya sudah beberapa kali dikirim ke China, Finlandia, Malaysia, Singapura dan Jepang.

Proses Membuat Batik Bondowoso

Sumber: https://www.antarafoto.com

Sumber: https://www.antarafoto.com

Batik Bondowoso memiliki motif yang cukup beragam, tidak hanya motif-motif kuno saja tetapi ada juga batik kontemporer atau batik modern, selain bahan yang digunakan oleh para pengrajin juga cukup beragam dari mulai batik berbahan katun sampai batik berbahan sutera juga banyak diproduksi oleh para pengrajin Batik Bondowoso. Kain yang digunakan untuk membatik Batik Bondowoso adalah kain katun dan sutera jenis asli tenun bukan mesin (ATBM). Kain sutera ini dibeli dari Garut, Jepara, Ciamis, Sulawesi, dan Bali.

Batik Bondowoso

Sumber: https://eastjava.com

Sumber: https://sumbersaribatik.wordpress.com

Sumber: https://sumbersaribatik.wordpress.com

Pengrajin Batik Bondowoso belum bisa sepenuhnya memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat karena kendala produksi. Ini menyangkut terbatasnya tenaga kerja. Selain itu, katanya, karena sejak awal adanya batik ini menganut satu desain untuk satu produk, maka tidak mudah untuk memproduksi dalam jumlah banyak sekaligus. Batik ini tidak diproduksi secara massal, karena sasaran pembelinya pun dari kalangan menengah ke atas.

Batik Bondowoso

Sumber: https://batiksukosari.blogspot.com

Sumber: https://batiksukosari.blogspot.com

Sahabat GPS Wisata Indonesia bisa menjadikan Batik Bondowoso sebagai salah satu koleksi kain batik anda. Tetap pilih kain-kain tradisional sebagai busana anda. Semoga bermanfaat.

Sumber: Fitinline

ARTIKEL TERBARU

learning marketer
learning marketer

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

1 comment: